infotainment = informasi entertainment atau gosip para artis...???

Sabtu, 31 Januari 2009

Tadi gua abis nonton flywheel... Film tentang agama Kristen gitu... Well, sebenernya gua ga nonton dari awal, nontonnya pas mulai pertengahan, tapi samar2 gua tau inti ceritanya... Kira2 gini.. ada seorang pengusaha jual beli mobil bekas mencoba menjual mobil bekasnya dengan harga yang lumayan tinggi, intinya dia nipu buat dapet keuntungan yang banyak... Tapi, belakangan akhirnya dia bertobat dan berusaha bekerja secara jujur... Di luar dugaan, dengan kejujurannya dia dan dengan pertolongan Tuhan, usahanya malah jadi maju, ampe diliput stasiun TV segala... *buat yg nonton dari awal, koreksi yach kalo cerita gua salah*

Oya, sebelumnya ada lagi... kenapa usahanya bisa ampe maju...??? Ternyata ada wartawan yang mencoba menyelidiki dengan menyamar... dia menyelidiki beberapa usaha jual beli mobis bekas... dan dari 6 yang diselidiki, ada satu yang menjual dengan jujur, disiarkanlah dia di berita TV, lalu org2 pada berdatangan dan hanya mau membeli mobil pada pria itu...

Jujur... gua cukup terharu nonton film itu, disaat kejujuran amat sangat langka... cuma, yang menarik perhatian gua disini adalah stasiun tv nya... Mereka mau menyelidiki dan mau menayangkan tentang pengusaha mobil yang jujur itu... Gua membayangkan seandainya ini terjadi di Indonesia... tentu stasiun tv di sini males nayangin hal2 yang berkaitan tentang kejujuran... malah, mereka akan berusaha mengorek2 kesalahan dan akan sangat senang hati menayangkan keburukan org...

Gua ambil contoh infotainment *informasi entertainment* harusnya mereka menayangkan info2 seputar dunia entertainment... entah itu peluncuran album musik, ato penayangan film, ato penerbitan buku... Tapi pada faktanya... mereka lebih senang menyajikan gosip... Si A cerai ama si B, si C mukulin si D, si E selingkuh... malah mereka cenderung manas2in... Belom lagi presenternya yang ngomong dengan nada tinggi, sinis, dan bertampang sangar... Ditambah lagi jam tayang infotainment uda kayak mo minum obat... Sehari bisa tiga kali... Pagi, siang, sore... dengan berita yang nyaris sama, kata2 narasumber yang nyaris sama, cuma angle mereka aja yang beda, ama naratornya.... Kayaknya yang namanya infotainment uda mengalamin pergeseran fungsi nech...

Bagus sech kalo mereka menayangkan berita2 seputar si artis... Toh, kita sebagai penggemar pasti pengen tau si artis lagi sibuk apa... Tapi ga usa sampe berlebihan... Malah waktu itu gua liat, saking mereka ingin tahu si A selingkuh apa ga, mobilnya ampe diikutin... Haizzzz... Seniat itu mereka mencari berita... Dan ironisnya lagi... semakin banyak penikmat infotainment, semakin mereka bernafsu untuk mencari berita... Contohnya, emak gua... Pagi2 sebelum berangkat kerja, yang ditonton bukannya berita, tapi infotainment...

Gua : mami bukannya nonton berita pagi malah nonton infotainment...
Nyokap : hush.. ini kan berita juga....
Gua : iya.. berita tentang perceraian, perselingkuhan, ato kawin siri...
Nyokap : penting tuch untuk disimak...
Gua : yeee... si mami penting buat apaan...???
Nyokap : penting banget... supaya mami nyambung kalo ngomongin beginian di kantor...
Gua : .... *bengong*

Astaga... Ga hanya ibu2 rumah tangga yang doyan nonton infotainment... tapi juga wanita karir macam nyokap gua... bahkan ampe bapak gua pun doyan nonton infotainment... Hmm... kata infotainment ga cocok... Acara gosip mungkin lebih pas... hahahaha...

0 komentar:

 
 

© 2010 warna-warni diriku, Design by DzigNine
In collaboration with Breaking News, Trucks, SUV