belajar mendengar

Selasa, 01 Maret 2011

Belajar mendengar bukan sesuatu yang mudah. Terkadang orang lebih suka didengar daripada mendengar. Karena dengan didengar, orang akan terlihat lebih menderita. Coba dikoreksi ya kalo salah :-)

Ada beberapa pria yang suka bercerita tentang permasalahannya pada saya. Yang perempuan juga ada, tapi entah kenapa kebanyakan pria. Karena penasaran, maka saya pun menanyakan hal tersebut. Selidik punya selidik *tsah* ternyata pria-pria tersebut ingin masalahnya didengar oleh saya. Masalah mereka pun nyaris sama, tentang pacar masing-masing. Dan menurut mereka, saya selalu diam untuk mendengar pada saat mereka bercerita.

Mari kita luruskan pernyataan ini. Saya memang hanya diam pada saat mereka bercerita. Tapi saya diam karena memang saya ga tahu apa yang saya harus katakan. Daripada nantinya saya memberikan nasihat yang malah bikin masalah mereka tambah kacau, bukankah lebih baik diam dan hanya mendengarkan mereka saja. Tapi untuk sebagian orang, mendengar itu ternyata bukan sesuatu yang mudah loh.

Beberapa waktu lalu, ketika saya naik bis transjakarta, saya mendengar (nguping tepatnya) percakapan dua orang remaja. Yup, bis transjakarta emang kayaknya tempat yang tepat untuk nguping. Banyak pembicaraan2 yang kadang bikin geleng-geleng. Dua remaja ini cewe dan cowo, entah pacaran atau tidak, tapi kelihatannya cukup deket.

Remaja cowo (RO) : aduh, besok PRnya banyak banget neh. Mana tadi ulangan.....(lupa dia nyebut ulangan apa) gua ga bisa lagi. mati deh.
Remaja cewe (RE) : emang besok ada PR apa aja?
RO : PR...... bla bla bla bla (lupa)
RE : ah, segitu mah ga banyak. coba bandingin sama gua, besok tuh si bu A ngasih PR ini dua buku sekaligus. belom lagi ditambah PR ini, ini, ini, dan ini (sekali lagi saya lupa). coba banyakan mana sama lu. belom lagi besok ada ulangan itu dan itu (lagi lagi lupa), dan gua belom belajar sama sekali. coba, stressan mana lu sama gua?
RO : tapi nilai gua sebelumnya kan uda ancur. kalo ulangan gua yang tadi dapet jelek, rata-rata harian gua bisa merah neh.
RE : ah, ulangan-ulangan gua sebelumnya lebih ancur dari lu. ditambah lagi ada ulangan yang harus diremed. pokoknya ancur lu itu ga seberapa kalo dibanding gua.

Ternyata......belajar mendengar itu memang tidak mudah yah.

4 komentar:

{ amadea } at: 1 Maret 2011 pukul 21.22 mengatakan...

eh blog nya ganti tampilan! bikin sndiri ya mel? lucu deh header nya, sama pembatas abis pos itu, yang kumbang.. itu namanya apa sih? *pengen hehe

{ Bubble-pinkz } at: 3 Maret 2011 pukul 08.07 mengatakan...

apa yah namanya.... ga tau... hehehehehe... itu templatenya boleh ngambil koq... paling diubah dikit2 doang... hehehehehe....

{ senosb } at: 5 Maret 2011 pukul 07.05 mengatakan...

ehhh.... ngemeng2 hubungannya apa ya belajar menjadi pendengar ma nguping ngomongin soal PR trus apa hubungannya dengan mendengar....? bisa aja mereka emang ancur niainya dua2nya huehehehhehehehe...

{ Bubble-pinkz } at: 5 Maret 2011 pukul 07.23 mengatakan...

ga ada hubungan apa2 seh... emang aku aja yg nulisnya ngawur... huehuehuehuheu....

 
 

© 2010 warna-warni diriku, Design by DzigNine
In collaboration with Breaking News, Trucks, SUV