jakarta = macet + banjir

Rabu, 06 Oktober 2010
"Lu tau ga? Om gua kemaren meninggal gara2 kena serangan jantung. Pas mau dibawa ke rumah sakit, kena macet hampir satu jam lebih. Karena terlambat ditolongin, akhirnya meninggal dech."

"Aduuuuhhhh... Gua takut ga bisa pulang nech kalo ujan gede gini. Bukan apa2, tapi takut jalanan arah rumah gua banjir."


Yup. Hidup di Jakarta memang ga lepas dari dua hal tersebut, macet dan banjir.

Jakarta emang terkenal parah macetnya. Tapi beberapa bulan belakangan ini, macetnya makin menggila. Nyaris dimana2 macet. Apalagi kalo jam menjelang masuk kantor dan jam pulang kantor, semua pengguna jalan bisa stress berat. Bahkan hari minggu yang bisa dikategorikan libur, jalanan tetep aja macet.


Macet di Jakarta itu bisa terjadi karena pertumbuhan mobil ga seimbang dengan jalan yang ada. Kenapa bisa begitu? Karena orang mau beli mobil di Jakarta tuch gampang. Seorang sales mobil ngaku, tiap harinya dia bisa menjual paling dikit 5 mobil. Berarti dalam sebulan sedikitnya ada 150 mobil terjual. Ini baru satu sales. Di Jakarta, show room mobil bertaburan dimana2, yang berarti juga mobil2 bertaburan di jalanan. Sement
ara jalannya ya segitu2 aja.

Beberapa negara tertentu membatasi jumlah mobil di jalan dengan m
empersulit penjualan mobil, membuat peraturan satu keluarga cuma boleh punya satu mobil (sementara di Jakarta, satu keluarga paling dikit rata2 punya dua mobil), dan mobil2 tua dilarang ada di jalanan. Tapi, pemerintah menyeimbangkannya dengan alat transportasi yang memadai dan nyaman.

Mari kita lihat Jakarta. Bus, ngetem dimana2, semerawut, banyak pengamen dan tukang jualan yang kadang bikin kita waspada sama barang bawaan, belom lagi bus non AC tuch jorok dan kotor. Angkot, sama kayak bus, semerawut dan suka ngetem semba
rangan. Busway, untuk koridor 3, ACnya uda ga dingin, pintunya kadang suka macet, sampah dimana2, belom lagi kalo jam pulang kantor disaat yang ngantri uda sejubel, bisnya suka lama datengnya. Itu masih sebagian kecil buruknya transportasi di Jakarta. Yang lebih baik memang cuma taxi, tapi ga mungkin kan kita tiap hari naik taxi mulu. Bahkan untuk transportasi sekelas pesawat aja masih suka delay.

Sebenernya kemacetan di Jakarta tuch bisa diberesin kalo transportasinya juga beres. Adanya busway itu sebenernya bagus loh. Asal bisnya diperbanyak, dibikin nyaman lagi, dibersihin, yang rusak2 dibenerin, pasti banyak yang mau beralih ke busway. Dan gua harap kejadian sama omnya temen gua itu ga ada yang terulang dech.

Siapa coba yang ga bakal stress ngeliat jalanan kayak gini.

Dan untuk masalah banjir, Jakarta tuch sebenernya uda kebanyakan mall dan apartemen. Di Grogol aja, uda ada dua mall dan dua apartemen berjejer. Di Pluit juga ada dua mall seberang2an. Belom lagi di Gading, entah ada berapa apartemen dan ada berapa mall, bahkan MKG sendiri uda ampe 5 tuch. Dan Jakarta hanya punya sedikit taman. Akibatnya sedikit resapan air yang ada, dan banjirlah.

Ga heran kalo dalam belasan tahun mendatang, Jakarta diramalkan akan tenggelam. Liat aja, deket rumah gua ada apartemen yang hampir jadi. Dan masih banyak lagi mall serta apartemen yang akan dibangun di Jakarta. Entah pengembangnya yang terlalu serakah atau pemerintahnya yang terlalu sibuk menghambur2kan uang rakyat.

Tapi gua cukup terkejut waktu denger bapak gubernur kita dimintai tanggapan tentang banjir, beliau hanya berkata, "banjir itu kan genangan air yang terlalu tinggi, maka terjadilah banjir." Hello bapak, semua yang nonton kayaknya uda tau dech banjir itu apa, yang kita ingin dengar adalah solusi dari bapak.

Fiuh... Hidup di Jakarta memang butuh mental yang kuat supaya ga gampang stress. Jadi buat kalian2 yang mau hijrah atau mengadu nasib ke Jakarta, mendingan pikir2 dulu dech. Jakarta tuch ga ada indah2nya lagi. Beneran. Serius.

0 komentar:

 
 

© 2010 warna-warni diriku, Design by DzigNine
In collaboration with Breaking News, Trucks, SUV