life is (never) easy

Kamis, 18 Maret 2010
Ada yang pernah berkata (gua lupa siapa orangnya) "kata siapa life is never easy? hidup itu sebenarnya simple koq. yang harus dilakukan manusia cuma bernafas, dan untuk bernafas kita tidak perlu membayar kan. yang bikin rumit itu manusianya sendiri. untuk apa mereka harus sekolah dan belajar? untuk apa mereka harus bekerja? bukankah berjuang untuk tetap hidup? dan yang dibutuhkan untuk tetap hidup kan hanya makan. lalu untuk apa manusia sering membelanjakan hal-hal yang tidak penting? untuk apa manusia sering merumitkan masalah yang tidak penting?"

Kata-kata yang cukup panjang, dan cukup membuat saya berpikir. Hidup itu sebenarnya mudah, kita bahkan sudah tahu prosesnya. Lahir, sekolah, bekerja, menikah, punya anak, dan meninggal. Yang bikin rumit adalah karena kita tidak tahu dengan cara apakah kita menjalani proses tersebut.

Misalnya, memilih pekerjaan. Gampangnya kan kita tinggal mencari pekerjaan yang sesuai dengan apa yang sudah kita pelajari di bangku kuliah dulu. Rumitnya adalah ternyata mencari pekerjaan tidak semudah yang kita bayangkan. Kita harus tahu berapa besar kita digaji, lokasi perusahaan jauh atau tidak dari rumah, ada tunjangan apa saja, dan lain sebagainya. Benar kata orang itu, manusialah yang membuat hidup ini jadi rumit.

Tapi di tengah kerumitan yang kita buat, terkadang kita tetap tidak tahu apa yang akan terjadi di masa yang akan datang. Sebelumnya gua tidak pernah membayangkan bisa berpacaran dengan seseorang yang sebenarnya tidak sesuai dengan kriteria gua. Waktu SMA, gua selalu membayangkan akan berpacaran dengan cowo ganteng, bisa main gitar, dan jago main basket. Tapi pacar saya sekarang tidak terlalu ganteng, tidak terlalu bisa main gitar, dan tidak bisa main basket.

Mungkin untuk sebagian orang hidup itu memang mudah. Mudah mendapatkan apa saja yang mereka mau. Dan mungkin untuk orang-orang yang harus berjuang keras mendapatkan sesuatu, hidup itu tidak mudah. Lalu kita termasuk yang mana? Menganggap hidup itu mudah atau rumit?

0 komentar:

 
 

© 2010 warna-warni diriku, Design by DzigNine
In collaboration with Breaking News, Trucks, SUV